SELAMAT DATANG di YAYASAN MASJID JAMI’ AL MUTTAQIN KB-TK-SD ISLAM AL MUTTAQIN =====> TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA

CARA BELAJAR YANG BAIK MENURUT KITAB TA’LIM





Cara belajar yang baik menurut kitab ta’lim






1.    Berwudlulah lebih dahulu karena wudlu itu cahaya, ilmu juga cahaya.

2.    Berdo’alah agar mudah menerima ilmu dan mendapat ilmu yang bermanfaat.

3.    Pilihlah waktu yang tepat, contoh setelah shubuh, setelah maghrib, setelah isya’, waktu sahur atau pilih waktu yang hatimu dalam keadaan tenang.

4.    Buatlah rangkuman-rangkuman, dan catatan penting yang mudah dihafal dan mudah diingat, kalimat yang penting di stabilo atau digaris bawahi.

5.    Ulangi dan ingat berkali kali apa yang sudah kamu pelajari, sehingga yakin sudah ingat betul dan sudah paham betul.


6.    Tulisan harus baik dan jelas agar tidak merusak mata.

7.    Tulislah keterangan guru yang kamu anggap penting, anak yang cerdas mampu menyeleksi mana yang penting dan mana yang tidak penting.

8.    Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari dan harus laksanakan dengan penuh disiplin.

9.    Berdiskusilah dengan temanmu atau dengan siapa saja yang kamu anggap relevan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan ilmunya, karena musyawarah atau diskusi itu barokah dan banyak manfaatnya.

10. Janganlah malu bertanya kepada guru atau kepada siapapun tentang materi pelajaran yang belum kamu ketahui atau pahami.

11. Usahakan setiap hari ilmumu terus bertambah, tiada hari tanpa belajar.

12. Rajinlah sholat lima fardlu jangan sampai ditinggalkan, shalat tahajjud dan sholat hajat untuk memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat, cita-citanya berhasil dan mulia dihadapan Allah dan dihadapan manusia.

13. Berpuasalah sunnah Senin Kamis, atau hari tanggal 13-14-15 setiap bulan qamariyah sebab dengan puasa otak kita semakin jernih dan cerdas.



14. Tutuplah belajarmu dengan berdo’a yang khusyu’ kepada Allah agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan tidak mudah lupa.




Comments